Rabu, 31 Juli 2013

The Historich : "A Historical Palace Four Your Memorable Moments"


" A Historical Palace For Your Memorable Moments"

Alamat :
Jl. Jenderal Gatot Subroto No.19
Kotamadya Cimahi - 40521
Jawa Barat - Indonesia



Pada sekitar tahun 1886, Pemerintah kolonial Hindia Belanda membangun sebuah gedung yang diberi nama "Societeit Voor Officieren - Tjimahi" bersamaan dengan pembangunan Rumah Sakit Militer (sekarang menjadi R.S Dustira), Barak dan Tangsi Militer serta Penjara Militer (populer dengan sebutan "Penjara Poncol")

Bergaya arsitektur Indische Empire Style, Gedung ini diperuntukan sebagai social club untuk mengakomodasi pesta, pertunjukan seni, acara dansa dan tempat minum-minum bagi personil militer dan masyarakat golongan tertentu dimasa itu.Namun sayangnya, sampai saat ini kami belum mendapatkan data atau informasi mengenai siapa arsitek yang merancang dan biro teknik yang membangun gedung ini.

Dengan berakhirnya era kolonialisme di Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia mengambil alih kepemilikan gedung ini dan mengganti namanya menjadi "Balai Pradjoerit Soedirman".


Sejak saat itu, fungsinya pun sempat berubah-ubah dan balai prajurit menjadi balai pertemuan umum, lokasi shooting film, bahkan sempat menjadi tempat latihan buku tangkis.


Sekitar tahun 2001-2005 gedung ini beralih fungsi menjadi kantor DPRD  Cimahi. Setelah DPRD Cimahi pindah ke tempat yang baru' gedung ini sempat kosong dan tidak terawat selama bertahun-tahun. Kondisinya sangat memprihatinkan, banyak bagian bangunan yang rusak, banyak ornamen dan perabotan asli yang hilang dan lebih menyedihkan lagi ada pengurangan/penambahan bagian bangunan yang dilakukan tanpa studi serta perencanaan yang matang sehingga tidak konstektual dengan arsitektur aslinya.


Di bulan Maret 2012, gedung ini dialihkelokan dan mengalami restorasi total di setiap bagian bangunannya. Pengelola bangunan yang baru berusaha mengembalikan bentuk gedung sedekat mungkin dengan desain aslinya. Proses restorasi sekaligus revitalisasi ini memakan waktu sekitar 6 bulan sampai dengan September 2012.


Sekarang gedung ini dinamakan "The Historich". diambil dari paduan kata dalam bahasa Inggris : "History & Rich" yang dalam pengertian populer dapat dimaknai : "kaya akan sejarah"


1 komentar: